Sistem Informasi Manajemen Pendidikan

Kali ini saya akan berbagi posting dengan bahan ajar SIM, saya hanya mengikuti materi berikut.


Ada beberapa istilah yang terkait dengan Sistem Manajemen Informasi untuk Pendidikan (SIMDIK), termasuk:

a. SIMDIK atau yang disebut SISTEM PENDIDIKAN DAN INFORMASI adalah sistem data sekolah berbasis TIK di mana semua basis data sekolah dapat disimpan dan dihubungkan dengan aman melalui server.

b. SIMDIK adalah sistem informasi untuk manajemen kebutuhan lembaga pendidikan dalam hal ini sekolah. Sekolah-sekolah yang dapat ditutup dengan SIMDIK adalah TK, SD, SMP, SMA dan sederajat.

c. Sistem informasi manajemen pendidikan adalah kombinasi dari sumber daya manusia dan penerapan teknologi informasi untuk memilih, menyimpan, memproses dan mengambil data untuk mendukung pengambilan keputusan pendidikan. Data ini adalah data empiris atau data nyata / fakta. ada dan bisa dibenarkan.

Mengingat uraian di atas, definisi alternatif dari sistem manajemen informasi untuk pendidikan dapat diusulkan, yaitu: sistem yang terdiri dari sekelompok orang, kebijakan dan perangkat komputasi yang memantau dan mengambil data dari lingkungan, aplikasi keuangan sekolah dari transaksi dan operasi dalam organisasi Organisasi mengambil dan memfilter data, mengatur dan memilih dan menggunakannya sebagai informasi untuk pendidik / pihak yang berkepentingan di sekolah, terutama untuk para pemimpin pendidikan, menyediakan tingkat dan fungsi organisasi untuk membantu proses pengambilan keputusan dalam kinerja fungsi manajemen, komunikasi kegiatan pendukung dan operasional, termasuk kegiatan pendidikan.

SIMDIK telah dikembangkan secara terintegrasi, dimulai dengan proses operasional memperoleh siswa baru, proses akademik, manajemen keuangan, dan operasi siswa yang menjadi mahasiswa.

SIMDIK adalah proses operasional sekolah. SIMDIK juga dirancang sesuai dengan standar JARDIKNAS. Semua persyaratan pelaporan dari sekolah ke Kantor Pendidikan Daerah dan persyaratan Departemen Pendidikan dapat dengan mudah dipenuhi. Dengan SIMDIK, manajemen pendidikan menjadi lebih sederhana dan lebih terkontrol.

Cakupan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK)
BackOffice SIMDIK Lingkar:

a. Koneksi dan pengaturan, identitas sekolah, pengaturan tahun sekolah, pengaturan kurikulum, koneksi database dan format tanggal.
b. Administrasi siswa, manajemen data pribadi setiap siswa, beasiswa, kasus disiplin, data kesehatan, data pemeriksaan, hasil, transfer (transfer) siswa, pengelolaan data mantan siswa.
c. Manajemen akademik, laporan hasil tes reguler, data skor KTSP, data skor CBC, data kehadiran, data bimbingan dan konseling, data kasus siswa, kurikulum, manajemen topik, pemrograman, dan hasil akademik.
d. Manajemen guru dan karyawan, manajemen biodata untuk guru dan karyawan, data keluarga, sejarah pendidikan, pelatihan tambahan (kursus, pelatihan, seminar, lokakarya, dll.).
e. Manajemen keuangan, administrasi pembayaran biaya pendidikan, pengelolaan dana BOS (bantuan operasi sekolah) dan penggunaannya, biaya tambahan seperti: pajak praktis, biaya tambahan, dll.
f. Manajemen perpustakaan, manajemen buku (judul, kategori dan deskripsi), status keanggotaan dan pinjaman, inventaris, buku masuk dan keluar buku harian, laporan yang terdiri dari: statistik pinjaman, statistik buku dan laporan, ringkasan pinjaman dan ringkasan ringkasan.
g. Laporan, laporan siswa (orang tua, kesehatan, pemeriksaan kesehatan, beasiswa, kasus dan orientasi) per siswa, berdasarkan kelas dan semua siswa, rasio guru / karyawan (orang tua), kurikulum, nilai, derajat, statistik, dan laporan ke DEPDIKNAS (perincian ke Sekolah, siswa dan guru)
h. Basis data soal, pemrosesan basis data soal, pengajuan pertanyaan, penelitian dan pencetakan

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*